Senin, 23 November 2009

Metafora Kapitalisme dalam Titatnic

I. PENDAHULUAN

A. PENGANTAR

Mungkin dalam tulisan ini saya akan membahas sebuah sistem yang pernah terjadi dalam tatanan sebuah masyarakat, sebuah sistem yang dapat disebut pembaharuan dari sistem sebelumnya yang dianggap telah merugikan orang banyak. Kapitalisme, sebuah paham yang dianut oleh berbagai negara di belahan Barat yang lepas dari selubung suci Feodalisme. Ketika saya berbica tentang berbagai sistem yang berada dalam tatanan sosial ini, bukan berarti saya telah mengusai sebuah pemikiran (ideologi) yang dianut oleh beberapa negara besar dunia Barat, namun ini hanya sebagai penjabaran akan ketertidaktahuan manusia yang mencoba menggali jawaban.

Melalui kaca mata Marx dapat terlihat bagaimana seseorang / golongan telah berusaha untuk menggambarkan keadaan masyarakat dijaman Kapitalis, serta berbagai pesan yang berusaha keluar untuk memperlihatkan berbagai bentuk kemewahan yang menjamin para penganutnya akan kehidupan mereka.

B. LATAR BELAKANG
Manusia dapat disebut sebagai mahluk ganda yang aneh, disatu sisi ia dapat disebut sebagai mahluk alamiah, namun di sisi yang lain ketika ia dihadapkan langsung dengan alam, maka ia akan merasa terasing dan membutuhkan penyesuaian terlebih dahulu, tidak seperti hewan yang dapat hidup langsung dengan alam, jika hewan hanya memproduksi apa yang mereka butuhkan sesuai untuk kelangsungan hidupnya, manusia memproduksi lebih dari kebutuhan hidupnya, ia memproduksi secara universal dan bebas dari kebutuhan fisik. Maka, pekerjaan semacam inilah yang menjadi salah satu alasan berbedanya manusia dengan binatang. Selain itu, pekerjaan juga membuat manusia menemukan jati dirinya sebagai mahluk yang nyata dan bebas, karena manusia memiliki kebebasan dalam pekerjaannya untuk memproduksi segala sesuatu sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
Oleh karena hal tersebut, pekerjaan manusia dalam memproduksi berbagai jenis kebutuhan bukan hanya untuk kelangsungan hidup dirinya sendiri atau golongannya, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan hidup orang lain. Karena seseorang akan senang ketika mengetahui hasil dari kerja kerasnya menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi orang lain, tidak perlu jauh kita melihat, jika kita memperhatikan dan menyadari di sekeliling atau bahkan kita sendiri pasti pernah merasakan sebuah kesenangan, ketika kita mendapatkan / memiliki sesuatu yang menjadi kebutuhan hidup kita (baik itu kebutuhan primer maupun bukan) dan ternyata sesuatu tersebut adalah sebuah produk dari hasil pekerjaan seseorang.

Hal tersebut yang menyatakan bahwa manusia sebagai individu adalah juga sebagai mahluk sosial, karena ia tidak dapat bekerja untuk memproduksi seluruh kebutuhan hidupnya, ia membutuhkan hasil pekerjaan orang lain untuk memenuhinya. Layaknya seorang filmmaker yang membutuhkan hasil pekerjaan orang lain yang berbentuk film (seluloid), kamera dan sebagainya untuk membuatnya dapat bekerja untuk memproduksi sebuah film.

Dalam hal ini tidak semua hasil pekerjaan (produk) yang manusia hasilkan memiliki nilai yang sama, contohnya seorang ilmuwan akan menghasilkan sebuah produk dengan nilai yang berbeda dengan produk yang dihasilkan oleh seorang pengerajin bata, baik itu dalam nilai pakai, maupun tukar. Sehingga dapat dikatakan di sini, bahwa hasil pekerjaan seseorang akan menunjukan identitas sosial dari orang tersebut dan tidak dapat dipungkiri, pada kenyataannya dalam tatanan masyarakat seorang individu dinilai dari pekerjaan yang ia lakukan (Franz Magnis : 1999). Seorang koki akan dapat dinilai melalui rasa kelezatan masakannya, kecakapan seorang petani dinilai melalui sawah yang menghijau, begitupun dengan pekerjaan lainnya.

Seiring berkembangnya jaman, kepentingan manusia dalam bekerja (telah kita ketahui sebelumnya) bukan lagi untuk bertahan hidup semata, namun untuk memenuhi kebutuhannya dalam usaha meningkatkan status sosialnya dalam masyarakat, meningkatkan situasi mereka, namun keadaan ini (manusia dan pekerjaan) dialienasi, sebuah konsep yang disebut Marx dalam menggambarkan penyelewengan hubungan antara pekerjaan dengan sifat dasar manusia oleh kapitalisme, karena output dari kapitalisme ini sendiri adalah nilai tukar yang lebih, bukan nilai pakai. Sehingga masyarakat memproduksi atau membeli sesuatu bukan berdasarkan kebutuhan karena ia mau menggunakannya, melainkan ia ingin menjualnya lagi dengan keuntungan setinggi mungkin.

Secara objektif, manusia yang berperan sebagai individu memiliki kepentingan agar dirinya tidak ditindas dan didominasi oleh individu maupun kelompok lain. Fenomena ini menjadi sebuah proses nyata dari kehidupan manusia dalam berkompetisi untuk bertahan hidup dan mensejahterakan dirinya. Kompetisi yang terjadi dalam lembaga sosial ini melahirkan tingkatan – tingkatan pada manusia yang akhirnya melahirkan seorang pemenang yang menjadi penguasa (Dr. Darsono P : 2007).

Hal inilah yang kemudian dalam masyarakat kapitalis menurut pandangan Marx dibagi menjadi dua kelas sosial yang berbeda yang akhirnya melahirkan kepentingan yang bertolak belakang. Pertama, kelas pekerja (proletar) yang memiliki tenaga kerja, kemampuan dan bakat dalam berproduksi. Kedua, kelas penguasa (kapitalis, borjuis atau pemodal) yang memiliki modal berupa alat produksi hingga tempat produksi. Kedua kelas sosial ini bersifat saling membutuhkan, walaupun salah satunya, yakni kelas pekerja sebagai kelas yang terbawah atau subordinat dari sistem ini menjadi kelas yang tereksploitasi dan tertindas akan kekuasaan kelas penguasa.

Karena kelas penguasa berada diposisi atas, di puncak sebuah tatanan sosial, maka memiliki kepentingan dalam mempertahankan status quo mereka. Dapat dianggap sebagai sifat naluriah manusia, baik itu secara sadar maupun tidak, karena sang penguasa disini memiliki ketakutan akan kehilangan apa yang telah ia miliki, kemapanan yang mereka bangun atau telah mereka miliki, sehingga dengan hegemoni yang secara eksklusif kelas penguasa tersebut melestarikan dominasinya dengan mengamankan kelompok subordinat / kelas pekerja melalui penciptaan konsensus politik maupun ideologis. Gagasan kelas penguasa inilah yang menjadi gagasan yang berkuasa.

Tidak seperti kelas diatasnya, posisi untuk kelas pekerja terlihat sangat tidak menguntungkan sama sekali di sini, terutama ketika mereka harus menguras tenaganya demi mendapatkan upah dari kelas penguasa yang berperan sebagai majikan atas diri mereka. Perlu diingat sebelumnya, bahwa pekerjaan adalah sifat dasar dari manusia dan kini keadaannya akan berubah ketika pekerjaan tersebut adalah sebuah syarat untuk hidup dan tidak menjadikan pekerjaan tersebut sebagai perealisasian atas hakikat dirinya sebagai manusia. Sehingga muncul sikap - sikap dari para pekerja dalam menuntut sebuah kebebasan, menuntut jati dirinya dan jika terjadi kemenangan terhadap kelas perkerja atas para pengusa. Keadaan ini akan dianggap sebuah ancaman bagi para penguasa, sehingga desakan yang terjadi (dilakukan oleh para pekerja) akan menciptakan berbagai sikap offensive dari penguasa yang bertujuan tidak lain untuk mengutuhkan kewibawaannya atas dunia. Berbagai filsafat dan pameo dilahirkan dalam keadaan putus asa ini, seperti kita sering mendengar kalimat “dunia sudah gila” yang sebenarnya adalah versi lain dari kalimat “kelas kita sedang terancam”.

Dengan berbagai cara kelas penguasa ini mempertahankan dominasinya, seperti yang dibahas oleh Louis Althusser dengan dasar penjabaran Marx tentang Negara. Dalam pemikirannya tentang Repressive State Apparatus dan Ideological State Apparatus, kedua bentuk aparatus negara (State Apparatus) yang digunakan oleh para penguasa untuk mengamankan kekuasaannya. Walaupun yang dijabarkan Althusser ini berangkat dari sebuah konsep esensi negara menurut Marxis, namun kita dapat melihat hal ini sebagai cara dominasi dari kelas penguasa, karena pada faktanya kekuasaan Negara sendiri dipegang oleh kelas penguasa. Negara adalah alat dari kelas - kelas penguasa untuk menjamin kedudukan mereka, jadi untuk seperlunya menindas usaha kelas - kelas bawah dalam upaya membebaskan diri dari penghisapan oleh kelas - kelas atas.

Repressive State Apparatus, adalah sebuah bentuk aparatus yang diciptakan untuk melindungi dominasi penguasa dari kelompok subordinat yang mengancam keberadaannya dengan cara kekerasan / menekan (repressive) pada wewenang publik. Sebaliknya Ideological State Apparatus, memiliki pendekatan yang lebih halus dan tersembunyi dibanding Repressive State Apparatus, kehadirannya yang menggunakan pendekatan-pendekatan (melalui ruang-ruang privat) yang membentuk pikiran seseorang dengan menanamkan ideologi-ideologi yang dapat mengurung kelompok subordinat sehingga mereka akan menerima apa yang mereka anggap sebagai sebuah kenyataan / takdir / nasib. Fenomena pembentukan atau penanaman ideologi dominasi kelas penguasa terhadap kelas dibawahnya inilah yang menciptakan sebuah bentuk kesadaran baru, sebuah kesadaran palsu, kesadaran yang dibentuk oleh para penguasa, kesadaran yang hanya akan melestarikan perbedaan status kelas dan meyakinkan pada kelas - kelas lain bahwa kelas penguasa adalah berada pada posisi tertinggi dalam sebuah tatanan masyarakat.


C. MASALAH
Banyak orang bilang atau beranggapan bahwa media massa itu jahat, karena media massa itu mampu membentuk opini publik, begitupun dengan film, ia bisa menggiring pendapat orang, dan membentuk sikap objektifitas dari pendapat umum. Sebagai sebuah contoh sederhana adalah; sinetron dan telenovela yang telah dikritik karena dapat membuai masyarakat dari keseharian persoalan, demikian pula MTv yang memiliki peluang menentukan genre musik yang tren saat ini atau kapanpun. Televisi yang menampilkan hasil poling yang tak adil dikritik karena dapat mempengaruhi pasar pemilihan. Film yang mampu memberikan berbagai dampak dikarenakan kayanya muatan dari segi cerita dan segi teknis. Sebut saja film “G30S PKI” sebuah film yang dianggap memiliki unsur propagandis, sebagai sebuah upaya akan pelestarian dominasi suatu golongan. Bagi masyrakat awam, hal ini akan menjadi sebuah masalah, karena naratif dari film yang diputar secara ulang setahun sekali ini akan menciptakan sebuah persepsi baru tentang apa yang mereka lihat dalam film. Ini menjadi dasar teori kritis, teori yang muncul dari perubahan yang besar dalam pemikiran Marx.

Dalam kisah Titanic, sebuah kapal besar dengan panjang 268 meter, bertenaga uap asal Eropa yang karam akibat menabrak gunung es ketika akan menyeberangi lautan Atlantik pada tanggal 15 April 1912 dengan ribuan penumpang menuju daratan Amerika. 700 orang selamat dari 1500 penumpang dengan perhitungan dari keseluruhan korban penumpang, 45% berasal dari kelas III, 14% dari kelas II dan hanya 3% dari kelas pertama. Pembuatan Titanic menghabiskan dana sebanyak $ 7,500,000 yang dibiayai oleh seorang hartawan bernama J.P Morgan dengan designer bernama Thomas Andrew seseorang berkebangsaan Irlandia yang merancang konstruksi dari Titanic dengan waktu pembuatan selama kurang lebih tiga tahun, mulai dari dasar, tempat pembakaran untuk mesin uap, hingga beberapa tingkatan dek yang menjadi tempat para penumpang dengan berbagai kelas sosial (Website: www.titanic-facts.com).

Peristiwa ini kemudian difilmkan oleh James Cameron (sebagai salah seorang filmmaker ternama Hollywood) yang berperan sebagai sutradara dan mengangkat kembali tragedi April 1912 tersebut yang dibalut oleh drama percintaan sepasang kekasih yang berada dalam posisi kelas yang berbeda. Dengan seorang tokoh bernama Rose sebagai saksi hidup yang mengantarkan penonton kembali pada masa itu dengan judul yang sama dengan nama kapal tersebut, “Titanic”.

Mungkin film ini diangkat berdasarkan sebuah kisah nyata, namun tetap saja tidak menutup kemungkinan bahwa dari fakta ini adalah aktual, jika diteliti lebih jauh, maka dapat diketahui bahwa banyak fakta yang terdistorsi atau malah sengaja didistorsikan oleh sang pembuat, jika memang terdistorsi, maka kita akan melihatnya sebagai kekurangan dari sang filmmaker terhadap film yang ia buat, namun jika sang filmmaker ternyata dengan sengaja membuat film ini sebagai rangkaian fakta yang dikombinasikan dengan pemikiran - pemikirannya, maka dapat dikatakan terdapat sebuah unsur penipuan atau lebih parah lagi jika filmmaker memiliki tujuan yang mengacu pada pelestarian dominasi suatu golongan atau kelas yang telah dibahas jauh sebelumnya oleh Marx, atau malah semua ini hanya sebuah faktor kebetulan yang tidak dapat dihindari, tapi mengapa hingga muncul sebuah review dari “National Public Radio ” yang mengatakan bahwa "parts of this film could have been scripted by Karl Marx?" Apakah mungkin benar ada campur tangan dari Dogma Marx dalam film ini? Apakah James Cameron menganggap bencana Titanic ini adalah sebuah metafora atas dunia kapitalis sekarang? Atau sang filmmaker hanya berusaha untuk memenuhi syarat-syarat dalam pembuatan film yang diangkat dari kisah nyata tersebut?

D. METODE ANALISA
Permasalahan yang dihadapi dalam film “Titanic” disini adalah konflik kelas yang terjadi dengan balutan drama Hollywood klasik, sebuah drama percintaan layaknya kisah dalam sebuah tragedi Romeo dan Juliet karya William Shakespeare, yang menceritakan sepasang kekasih terhalang karena kedua keluarga mereka saling bermusuhan, percintaan yang dilandasi berbagai perbedaan. Dalam kasus film “Titanic” perbedaan yang menghalangi sepasang kekasih ini adalah kelas sosial mereka yang berbeda. Selain itu, terdapat juga penyimpangan pada penyampaian berbagai fakta dalam film. Sebuah fakta yang direkonstruksi yang kemudian menghasilkan persepsi baru bagi penonton.
Untuk mengetahui atau bahkan meyakinkan kita apakah memang benar elemen-elemen dalam film ini mengandung unsur Dogma Marxis seperti yang telah dikatakan sebelumnya, maka diperlukan penganalisaan yang lebih mendetail pada berbagai elemen yang ada, guna pembuktian yang lebih beralasan.

Mungkin secara selintas film ini terlihat memiliki struktur naratif yang akan sedikit membingungkan bagi penontonnya, namun apabila dapat ditilik lebih lanjut ternyata dari keseluruhan film secara utuh tetap saja memberikan dampak terhadap dramatik cerita (dramatic impact). Dari naratif cerita yang berkembang, maka dapat diketahui sebenarnya film ini menggunakan sudut pandang siapa, siapa tokoh yang paling berpengaruh atau menjadi protagonis atau pahlawan dari keseluruhan cerita, kemudian siapa yang berperan sebagai antagonisnya yang senantiasa berusaha untuk menggagalkan usaha sang pahlawan.

Naratif dalam sebuah film tidak akan berarti apapun tanpa adanya dukungan dari stylistic system . Berbagai macam unsur-unsur tersebut tentu saja saling terkait satu dengan yang lain. Antara naratif dan style tidak dapat dipisahkan begitu saja karena keberadaan style dapat mendukung fungsi dari naratif film itu sendiri atau dengan kata lain style memobilisasi naratif cerita. Tanpa style, film tidak akan menjadi “film” karena jika naratif berdiri sendiri yang ada adalah sandiwara radio atau teater. Elemen style dalam film “Titanic” juga turut mendukung cerita yang mengalir di dalamnya, baik itu dari segi mise en scene, seperti kostum yang dikenakan, setting (ruang dan waktu) dalam cerita yang dibagi menjadi dua periode serta elemen teknis Cinematography, sound dan editing yang turut mendukung cerita. Begitupun yang terjadi pada tokoh - tokoh dalam cerita yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat mengidentifikasikan status serta menguatkan karakter mereka.


II. ISI

A. KONFLIK KELAS

Sekilas latar belakang Karl Marx, seorang yahudi yang dilahirkan di kota Trier, Jerman Barat, 5 Mei 1818. Tumbuh dengan dasar – dasar pemikiran G.W.F. Hegel di masa revolusi besar yang terjadi di beberapa negara besar Eropa, seperti Revolusi Politik di Prancis dan Revolusi Industri di Inggris. Runtutan revolusi - revolusi yang menyebabkan semakin tajamnya perbedaan dan hubungan antara kelas - kelas sosial, penindasan terhadap para pekerja dan masyarakat miskin, karena semakin kuatnya dominasi para penguasa (dalam hal ini borjuis) dalam mengontrol ekonomi, sehingga dengan pemikiran - pemikirannya Marx berusaha untuk menyelamatkan kaum yang tertindas dengan berbagai kritik sosial dan gerakan perjuangan kaum miskin, mendambakan sebuah revolusi, penggulingan terhadap borjuisasi panghapusan hak milik pribadi sehingga tercipta sebuah masyarakat sosialis sebuah keadaan dimana tidak adanya kelas, penghapusan terhadap pemilikan pribadi (kepemilikan alat produksi).

Dalam “Titanic” dapat dilihat sebuah metafora dunia kapitalis yang dibuat Cameron menunjukan sebuah konflik kelas yang syarat dengan usaha para kelas penguasa dalam mempertahankan dominasinya yang terjadi di abad ke 19 sebagai dampak dari pasca Revolusi Prancis pada tahun 1789. Sebuah miniatur dari ramalan para pemikir sosial - modern yang menjadi kenyataan ketika munculnya sebuah revolusi besar - besaran yang terjadi di dunia Barat, dimana pekerjaan / keterampilan seseorang digantikan oleh mesin-mesin industri guna menghasilkan laba yang lebih banyak. Disamping itu, para individu yang mulai tergantikan posisinya oleh mesin-mesin terpaksa bekerja dengan perasaan terpaksa, mengharapkan upah untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Layaknya dalam film “Titanic”, sebuah kapal laut yang cantik sehingga mendapat julukan The Ship of Dreams, sebuah sistem yang baru, sistem Kapitalisme dunia Barat yang menjanjikan segala pewujudan atas berbagai mimpi indah bagi masyarakatnya, mengajak mereka merayakan kebebasan atas belenggu feodalisme yang menggunakan selubung-selubung suci dalam menutupi eksploitasi yang dilakukan oleh para kelas atas feodal terhadap kelas – kelas dibawahnya. Walaupun sistem baru ini tidak lebih baik dari feodalisme, setidaknya kapitalisme lebih jujur terbuka terhadap dominasi kelas, secara telanjang memperlihatkan jelas kelas – kelas yang mengeksploitasi dan kelas – kelas yang dieksploitasi. Namun masyarakat borjuis modern (kapitalis) yang muncul dari keruntuhan masyarakat feodal tidak menyingkirkan antagonisme kelas itu. Malah ia memunculkan kelas-kelas baru, dengan kondisi baru untuk melakukan tekanan, bentuk - bentuk baru persaingan dengan menggantikan yang lama.

Kelas penguasa menempatkan negeri di tangan penguasa kota. Ia telah menciptakan kota - kota besar, telah banyak menambah penduduk kota dibanding penduduk pedesaan dan dengan demikian menyelamatkan sebagian besar penduduk dari kehidupan desa yang bodoh. Persis seperti yang berlaku bagi sesuatu negeri dengan ketergantungan pada kota, borjuis itu telah pula membuat negeri - negeri barbar dan semi barbar bergantung pada negeri yang lebih beradab, para pekerja yang bergantung pada kaum kapitalis yang memiliki lapangan pekerjaan dengan menjual tenaga kerjanya.

Sebuah kapal mewah yang akan selalu berada di permukaan, bahkan lebih atas lagi jika keseimbangan terhadap infrastruktur tetap terjaga. Namun pada kenyataannya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dalam masyarakat kapitalis terdapat dua kelas yang saling beroposisi, antara penguasa dan yang dikuasai, bukan karena perasaan iri yang muncul dalam kelas pekerja terhadap penguasa ataupun tindakan egois dari para penguasa, melainkan perbedaan kepentingan yang objektif antara masing-masing kelas dalam sebuah struktural ekonomi yang memaksa mereka berhadapan dengan beragam konflik. Karena hukum paling mendasar kapitalisme adalah persaingan, hingga memaksa pemodal (kelas penguasa) untuk meningkatkan produktivitas produksi terus menerus yang menyebabkan penekanan terhadap biaya produksi, sehingga hasil produksi dapat dijual semurah mungkin namun meraih keuntungan berlipat – lipat dan dengan demikian kemenangan akan diraih dari sebuah persaingan. Dalam situasi ini maka kelas – kelas yang berada di bawahlah yang mendapat posisi merugi, penghisapan tenaga kerja, pengeksploitasian kemampuan yang tidak seimbang dengan semakin kecilnya jumlah upah yang mereka terima, demi membela sang penguasa memenangkan persaingan dengan penguasa lainnya.

Dengan sudut pandang gagasan filsafat dialektika dari Hegel yang intisarinya adalah menekankan betapa pentingnya proses hubungan kontradiksi (konflik atau benturan) dalam menciptakan sebuah kemajuan / perkembangan dunia, karena menurutnya dunia dengan sudut pandang ini adalah tidak diciptakan oleh struktur yang statis, melainkan dengan proses hubungan, dinamika, konflik dan kontradiksi. Secara lantang Marx pun menyetujui gagasan Hegel dengan menentang segala usaha dalam mendamaikan revolusi yang akan dilakukan oleh para kelas pekerja. Sehingga dalam dunia, baik itu dunia kapitalis, kontradiksi atau konflik - konflik tersebut tidak dapat dihindari, layaknya ia menjelaskan tentang tesis yang akan dibantah oleh anti tesis yang kemudian menghasilkan sintesis, namun sintesis ini akan berubah menjadi sebuah tesis baru yang akan dibantah oleh anti tesis baru pula. Bila proses tadi yang diambil sebagai tesis, dan mulai dengan tingkat feodalisme (jadi ini merupakan tesis). Anti tesisnya adalah tingkat produksi Borjuis atau Kapitalisme, sintesisnya nanti adalah tingkat produksi Sosialisme, hingga Sosialisme akan berubah menjadi sebuah tesis baru dan berhadapan dengan anti tesis baru lagi. Sehingga tercipta sebuah rantai pembaharuan yang tidak berujung, saling mengikat satu sama lain.

Meskipun tulisan ini bukanlah merupakan sebuah tulisan mengenai analisa struktur naratif namun yang disebut naratif cerita tidak akan dapat dilepaskan dalam sebuah analisa film begitu saja. Karena latar belakang cerita yang menjadi pijakan awal akan dapat digunakan untuk membantu dalam mencari relevansi style yang dipakai untuk membentuk rangkaian makna yang tersembunyi dibaliknya. Sehingga setiap elemen yang ada tidak berdiri sendiri tanpa makna yang jelas karena ada keterkaitan antara naratif cerita dengan style yang ada. Begitu pula dengan film “Titanic” ini, tentunya analisa ini akan sedikit mengabaikan aspek - aspek pencapaian teknis di dalamnya.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa film ini terbagi atas dua periode. Dalam film, karena Titanic diceritakan melalui sudut pandang Rose tua sebagai saksi hidup dari tragedi tersebut yang menjadikan subjektifitas sudut pandangnya diobjektifikasikan oleh penonton, sehingga filmmaker mengajak penonton untuk dapat melihat film tersebut menggunakan kacamata orang yang tengah hidup dijaman Kapitalisme tersebut.

Dalam film ini diceritakan seorang penumpang yang berasal dari kelas III, yang berisi para imigran yang mayoritas berkebangsaan Irlandia, Finlandia, Swedia dan Belgia. Jack Dawson (Leonardo DiCaprio), seorang pemuda berkebangsaan Amerika menjadi tokoh utama disini, berasal dari kelas pekerja yang mencintai seorang gadis yang berasal dari kelas penguasa, Rose DeWitt (Kate Winslet) yang berada di kelas I kapal tersebut, walaupun pada dasarnya posisi Rose dalam film ini pun bukan murni sebagai kelas penguasa, dikarenakan ayahnya yang berperan sebagai pemodal telah meninggal. Oleh karena itu Ibunya berusaha melestarikan / mempertahankan posisi dominasi yang ia dapat dari sang suami, adalah dengan cara menikahkan anaknya (Rose) dengan Karl, seorang pengusaha muda yang kaya, sehingga pada akhirnya timbul konflik antara Jack dengan Karl dalam memperebutkan hati Rose. Sebagai pemicu awal dari berbagai konflik yang muncul dalam film ini yang nantinya akan berujung dengan implisit sebagai sebuah konflik kelas.

Perbandingan antar kelas sosial dijelaskan dengan berbagai cara dalam film, seperti pada bagian dimana para penumpang kelas III Titanic yang harus melewati memperlihatkan pemeriksaan kesehatan hingga pemeriksaan kutu sebelum menaiki kapal, sedangkan para penumpang kelas I diperbolehkan membawa serta anjing-anjing mereka yang nantinya akan di tempatkan di dek tempat kelas III berada.

Sebagai film yang menggunakan Struktur Hollywood Klasik , “Titanic” memiliki tokoh antagonis dan protagonis yang saling berhadapan. Setiap tokoh baik itu protagonis ataupun antagonis dalam film ini dapat dikatakan kesemuanya memang memiliki goal, need dan desire yang jelas antara pihak atau golongan satu dengan yang lain. Protagonis dalam cerita film diwakili oleh Jack, dimana filmmaker menciptakan tokoh ini dengan efek simpati yang muncul pada penonton terhadap seorang penumpang kelas III yang telah menyelamatkan Rose. Jack memiliki tujuan dalam merebut hati Rose. Untuk dapat mewujudkan segala goal, need dan desire ini, Jack melakukan serangkaian usaha dan aksi yang kiranya mampu untuk mewujudkan tujuan. Sebagai salah satu usaha yang dapat mereka lakukan adalah dengan cara menyelamatkan Rose ketika hendak bunuh diri. Membuai Rose dengan dunia lain diluar kapitalisme yang telah membuat Rose merasa muak, dan Jack juga membuatkan lukisan untuk Rose.

Sedangkan tokoh antagonis diambil alih oleh Karl yang juga berperan sebagai salah satu dari kelas penguasa, yang berusaha mempertahankan Rose sebagai tunangannya dari tangan Jack, yang kemudian memunculkan tindakan-tindakan antagonis yang ia perbuat sepanjang film berlangsung, mulai dari bagaimana ia menunjukan betapa uang dapat menyelesaikan segalanya (sebagai salah satu ciri kapitalis yang menjadikan infrastruktur sebagai dasar dari segalanya dalam sebuah produksi), hingga menembaki pasangan tersebut sebagai usahanya dalam memisahkan Rose dengan Jack. Pemilihan antagonis dan protagonis ini menyimpulkan sebuah pandangan dimana kaum kapitalis / kelas penguasa adalah seorang yang memiliki konotasi buruk / jahat. Sehingga penonton akan bersimpati pada kaum proletar / kelas pekerja dan ekspektasi penonton terhadap kemenangan akan dirinya (Jack) dalam mengalahkan sang penguasa yang jahat (Karl).

Mendekati akhir cerita diperlihatkan lagi sebuah penindasan terhadap kelas pekerja ketika kapal mengalami kebocoran, para pekerja yang berada di ruang mesin di kunci begitu saja demi menahan air yang mulai masuk ke badan kapal. Cara Marx memandang betapa pentingnya segi struktural dibandingkan segi kesadaran dan moralitas. Sehingga para pekerja yang dikorbankan di sini adalah demi menyelamatkan penumpang lainnya, demi kepentingan umum. Namun dalam adegan ini, kejadian tersebut akan terlihat sangat tidak manusiawi bagi penonton.

Begitupun ketika evakuasi berlangsung, dengan kacamata Althusser, para nahkoda / pekerja kapal memiliki peran dalam melayani penumpang kelas I, namun secara implisit para nahkoda tersebut berperan sebagai Repressive State Apparatus (RSA) sebagai instansi yang mengamankan dominasi kelas penguasa dari campur tangan kelas - kelas dibawahnya. Terjadi bentuk ketidakadilan bagi kelas pekerja yang menjadi penumpang di kelas III. Para nahkoda mengatur penumpang untuk kemudian dievakuasi berdasarkan kelas, wanita dan anak - anak dari kelas I didahulukan untuk mengambil tempat di sekoci penyelamat. Sedangkan penumpang kelas III dikurung dengan paksa oleh beberapa nahkoda dalam dek mereka yang hanya akan dibuka ketika para penumpang kelas I sudah berhasil dievakuasi. Begitupun para pemain musik yang keluar dari dining room dan mulai memainkan musiknya ditengah kepanikan para penumpang atas perintah kapten kapal guna menenangkan situasi.

Dalam segmen evakuasi ini terdapat pula sisipan ideological State Apparatus (ISA) pada adegan seorang ibu yang mengatakan pada anak – anaknya “when the first class people are in the boat, they will start with us”. Sebuah kalimat perwujudan dari Ideological State Apparatus yang bergerak melalui ruang privat dalam hal ini adalah keluarga. Ideological State Apparatus yang telah berkembang dan tertanam pada sang ibu yang kemudian secara otomatis akan diturunkan pada anak – anaknya.

Pada akhir cerita Rose diselamatkan oleh sebuah sekoci yang berisi para nahkoda yang kembali setelah mengatur sekoci sehingga dapat memuat lebih banyak penumpang. Penyelamatan yang menggambarkan kemerosotan kelas peralihan menuju proletariat, sehingga menciptakan kesadaran akan situasi, akan penderitaan yang mereka alami dan pada akhirnya perbedaan antara mereka pun menghilang. Sebuah hubungan manusia sebagai mahluk sosial, tanpa melihat kelas maupun status lainnya, sebuah tindakan / sikap yang menjadi salah satu ciri dari masyarakat sosialis.

Serangkaian adegan dalam cerita yang memuat berbagai Dogma Marxis ini mungkin akan sulit diterima oleh para penonton jika Cameron tidak menggunakan keseimbangan cerita yang terdapat dalam Struktur Hollywood Klasik, kesimbangan cerita yang membuat film ini mudah dicerna secara textual. Sehingga ia tidak akan kehilangan penonton dikarenakan muatan film yang terlalu berat.

Dalam scene awal film penonton akan melihat rangkaian gambar dengan kesan jadul (jaman dahulu) yang memiliki kesan dokumentris, ribuan orang yang berdiri disamping dermaga melambaikan tangan tanda perpisahan kepada kerabat mereka yang akan menempuh perjalanan dengan kapal Titanic menuju Amerika. Adegan tersebut beralih menjadi gambar (shot) permukaan laut dimalam hari, kemudian muncul judul Titanic yang mengantarkan penonton menuju ke kedalaman laut untuk melihat sekelompok peneliti bangkai Titanic. Segment ini seakan mengajak penonton mengenang kejadian pada masa tersebut, kembali melihat pada sejarah dimana terjadinya sebuah Revolusi Industri di dunia Barat pada abad ke 19 yang kemudian melahirkan berbagai pertentangan / konflik salah satunya konflik antar kelas yang juga menjadi salah satu latar belakang dari film ini.

Setelah mengulas cerita, untuk dapat memahami secara lebih jelas bagaimana film bekerja menyampaikan pesannya diperlukan juga adanya penganalisaan terhadap berbagai macam elemen style pembentuknya. Style merupakan salah satu bentuk dari film form (selain dari formal system) yang terdiri dari unsur - unsur teknis yang membentuk film (David Bordwell and Kristin Thompson : 1997). Untuk lebih mudahnya kita dapat mengatakan bahwa style memberikan karakteristik teknis yang khas dalam film.
Salah satunya adalah penggunaan mise en scene penting dalam film, karena elemen ini sangat banyak tersebar setiap scene. Ada beberapa elemen mise en scene yang sekiranya dinilai cukup menonjol dalam film. Salah satu diantaranya adalah ruangan-ruangan dalam dek yang memberikan kesan berbeda dalam tiap – tiap kelas. Beragam penumpang dengan kelas sosial yang berbeda ditempatkan pada dek yang berbeda pula dalam Titanic. Kita dapat melihat perbedaan kabin antara kamar Rose dengan kamar Jack. Kamar Rose yang memiliki berbagai fasilitas dengan dekorasi yang sangat mewah (luxurious), terdapat meja rias, kamar mandi dengan bath tub, sofa dan berbagai perabotan mewah lainnya. Sedangkan pada kabin kelas III yang menjadi kamar Jack hanya berupa sebuah ruangan kecil, di dalamnya hanya terdapat dua buah ranjang tingkat, sebuah ruangan yang berkapasitas empat orang penumpang.

Kostum sebagai salah satu elemen dari style dalam “Titanic” juga berperan dalam mengidentifikasikan tokoh dan karakter, sebagai pembeda antara kelas penguasa dengan kelas pekerja. Penonton dapat melihat dari beberapa scene, kelas penguasa menggunakan pakaian berjenis Tuxedo bagi pria dan Gaun / Gown bagi para wanitanya. Pakaian yang dikonsomasi sehingga memiliki fungsi lain dari fungsi asli / utamanya. Pakaian yang berfungsi untuk menunjukan status sosial mereka.

Bahkan gaya hidup yang terlihat kontras dalam dinner scene kelas I dengan scene pesta para pekerja. Sosialisasi yang kaku antar penumpang terlihat di kelas I dengan berbagai formalitas konvensional yang membosankan. Sebenarnya masih banyak mise en scene dalam film ini yang belum disebutkan, namun berhubung secara umum tidak ada yang terlalu menonjol untuk dikaitkan dengan pesan-pesan ideologi yang ingin disampaikan, maka sebaiknya kita melihat elemen style lainnya.

Dalam elemen style berupa Cinematography, yang secara konsisten dari awal hingga akhir film dalam mendeskripsikan keindahan dan betapa mewahnya Titanic dengan gerak kamera yang halus dan anggun, serta penggunaan wide shot yang memperjelas ukuran dari Titanic tersebut. Membuai penonton untuk melupakan sejenak sejarah bahwa kapal tersebut akan karam, menyamakan persepsi penonton dengan para penumpang yang terkagum-kagum ketika pertama kali melihat Titanic. Begitupun yang dialami oleh masyarakat kapitalis yang melihat Kapitalisme sebagai sesuatu yang indah yang telah membebaskan mereka dari belenggu – belenggu feodal. Namun ketika kapal ulai mengalami masalah, maka elemen ini pun mengikuti irama kepanikan para penumpang dengan gerak yang lebih dinamis dengan type of shot yang lebih banyak berjenis close up dengan mengejar ekspresi – ekspresi para penumpang yang telah sadar akan keadaan dari Kapitalisme yang sebelumnya mereka anggap unsinkable.

Untuk elemen Sound, unsur dialog dan efek hanya memenuhi kebutuhan realita dari cerita berdasarkan lokasi kejadian sebuah aksi, tidak ada sangkut pautnya dengan pesan – pesan ideologi yang ingin disampaikan. Sedangkan unsur musik dalam ilustrasi (scoring) hanya menambahkan dramatisasi cerita yang bersifat fungsional berdasarkan mood adegan. Lain halnya dengan musik realitas yang terdapat dalam cerita, musik pendukung realita ini terdapat dalam dua scene yang berdekatan sehingga menjadi sebuah perbandingan, pertama dalam ruang makan kelas I terdapat musik berjenis klasik yang bersifat elegan, sedangkan yang kedua, pada kelas III musik yang dimainkan adalah jenis musik folk (musik rakyat, music with no known composer) dengan irama yang riang dan ceria, seakan membuat pendengarnya ingin menari, seolah musik menjadi pelarian ketika mereka telah lelah bekerja.

Kemudian elemen terakhir yang digunakan dalam menggabungkan shot – shot dalam keseluruhan cerita, editing. Tidak berbeda jauh dengan Cinematography yang menggambarkan perbedaan dan transisi ketika pertama penumpang melihat Titanic hingga pada akhirnya mereka menyadari bahwa kapal tersebut akan tenggelam. Hanya saja dalam dimensi ritmis, elemen ini bergerak lebih dinamis ketika kapal akan tenggelam.

Sebuah tindakan bentuk pembaharuan terhadap sebuah sistem yang dianggap akan mengantarkan umat manusia pada kesejahteraan hidup dengan mata yang telah dibukakan dari Feodalisme, namun sayangnya harapan dan impian terhadap dunia kapitalisme ini pun berujung tragis, tindakan pengeksploitasian, penghisapan dan penindasan yang semakin berani menunjukan wujudnya dan melakukannya tanpa rasa malu sedikitpun.


III. PENUTUP

A. KESIMPULAN

Dengan berbagai analisa diatas, sekarang kita dapat melihat film “Titanic” sebagai sebuah kapal yang menjadi miniatur dari Kapitalisme Eropa sebagai suatu sistem eksploitasi dan dominasi. Dimana para penguasa (kelas kapitalis) mempertahankan status mereka dengan meredam bahkan menenggelamkan sikap revolusioner kelas pekerja yang mengharapkan suatu perubahan. Namun metafor ini menunjukan kegagalan dari sebuah sistem hasil pembaharuan dari feodalisme. Secara sederhana kita dapat menyimpulkan dengan dorongan tidak pernah puasanya kaum kapitalis dalam mengejar laba, selalu menginginkan keuntungan yang lebih dengan berspekulasi kemudian mempercepat laju kapal tanpa melihat pangsa pasar hingga menabrak pasar besar dan mengalami kehancuran.

Dalam “Titanic”, filmmaker berusaha menanamkan atau hanya menguatkan sebuah pandangan pada penonton terhadap Kapitalisme, dimana Kapitalisme adalah sebuah sistem yang memiliki dampak buruk terhadap tatanan sosial masyarakat, baik dominasi suatu golongan tertentu yang akan melahirkan kesenjangan sosial, pada akhirnya hanya menciptakan konflik - konflik yang hanya akan merugikan banyak orang dan golongan.

Berbagai pemikiran Marx terbukti memang terdapat dalam “Titanic”, namun untuk menjawab pertanyaan dari National Public Radio, adalah jika Marx yang menulis skenario film ini, maka akhir cerita tidak akan seperti itu, tetapi para kelas pekerja akan bersatu dengan kelas bawah lainnya yang tertindas untuk memegang kendali kapal dan mengatur evakuasi, mengatur pembagian sekoci penyelamat, wujud dari class struggle, bukan mendahulukan kelas penguasa yang seharusnya bertanggung jawab atas kehancuran kapal.










B. DAFTAR PUSTAKA
- David Bordwell and Kristin Thompson. Film Art An Introduction. 5th ed. The McGraw-Hill. New York : 1997.
- Dr. Darsono P. SE.,SF.,MA.,MM. Karl Marx, Ekonomi Politik dan Aksi Revolusi. Diadit Media. Jakarta : 2007.
- Franz Magniz Suseno. Pemikiran Karl Marx. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta : 1999.
- George Ritzer dan Douglas J. Goodman. Teori Sosiologi. Kreasi Wacana. Yogyakarta : 2008.
- John M. Echlos dan Hassan Shadily. Kamus Inggris - Indonesia. PT. Gramedia. Jakarta : 1995
- Louis Althusser. Tentang Ideologi. Jalasutra. Yogyakarta : 2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar